Cara mendapatkan sebuah Branding biasanya diharuskan memiliki biaya yang cukup lumayan. Belum lagi untuk menciptakan sebuah logo, desain, dan iklan yang menarik, dengan biaya yang cukup lumayan juga. Alhasil para pebisnis pemula kehabisan kekuatan untuk memulai bisnis, karena strategi yang efektif tersebut terhalang oleh keterbatasan resources serta marketing skills yang dimilikinya.
Menciptakan sebuah logo tidak berarti terciptanya sebuah brand. Yang merupakan menciptakan perbedaan antara kamu dan competitor. Sedangkan branding, merupakan proses dari terciptanya sebuah emosional antara produk dan konsumen.
Bagaimana melakukan strategi branding dengan segala keterbatasan?
Berikut tipsnya;
Point of Differentiation ( POD )
Fikirkan tentang pembedaan dari sebuah brand, menjual produk dengan kualitas terbaik bukan cara bagus, Karena kualitas merupakan sebuah syarat lain untuk sebuah produk. Kamu bisa gunakan system penjualan customer to customer. Istilah gampangnya, kamu bekerja sama dengan orang ahli yang sama dibidang bisnismu, sama – sama memulai dan sama – sama saling menguntungkan.
Brand Identity
Bangunlah dengan hal yang menarik dan relevan. Sesuaikan dengan kesan yang ingin kamu tunjukan, dengan membuat desain logo, website, dan lainnya. Konsultasikan dengan pihak marketing dan branding, cari informasi tentang branding yang cukup bagus dan dikenal. Dengan hal visual bisa menciptakan sebuah ketertarikan secara emosional di tahap awal.
Low Budget but High Impact
Membuat sebuah strategi promosi untuk menciptakan sebuah brand awareness. Biaya yang tidak mahal, dibandingkan menggunakan media iklan yang harus mengeluarkan berjuta – juta lembar. Mulailah untuk mencoba menggunakan media social yang saat ini sedang banyak dibicarakan oleh kebanyakan orang karna kehebatannya dalam melakukan sebuah pemasaran. Ajak rekan – rekan terdekatmu untuk ikut serta dalam melakukan promosi bisnismu, tentunya dengan hal positif. Tentunya dengan hal ini bisa mengurangi budget.
Komunitas
Ditahap awal, fokuskan untuk mencari komunitas yang cukup untuk menciptakan konsumen loyal. Misalnya saja tujuan utama kamu adalah universitas, yang merupakan tempat berkembangnya komunitas – komunitas yang god market. Mulailah dengan kesan positif, ciptakan brand positif didalamnya. Kemudian ajak komunitas – komunitas tersebut untuk ikut serta dalam mempromosikan produk yang kamu miliki lewat jejaring sosialnya, yang tentunya ini bisa menghasilkan efek eksponensial.
Konsisten
Dengan menjalankan strategi secara konsisten dan selalu lakukan evaluasi. Dapatkan hal – hal yang bisa ditingkatkan lagi, agar proses selanjuutnya bisa berlangsung efektif.
0 Response to "5 TIPS UNTUK MENEMUKAN STRATEGI BRANDING"
Posting Komentar