Tanda ini ada di kamu? Kamu cocok jadi pengusaha!

Tanda Seorang Pengusaha


Sudah sangat banyak orang yang memiliki cita-cita menjadi pengusaha, namun kenyataannya tidak semua seseorang berbakat menjalankan bisnis. Sebaliknya, ada sebagian orang yang sampai hari ini masih berkutat dengan aktivitasnya sebagai pekerja kantoran. Padahal sebenarnya mereka memiliki jiwa bisnis yang sangat kuat untuk ukuran seorang karyawan.


Bila kamu adalah seorang karyawan dan memiliki tanda-tanda berikut ini, sudah saatnya kamu berpikir apakah harus meneruskan menjadi karyawan atau menerjunkan diri ke dalam dunia usaha.

Sekarang simaklah. Tandah ini ada di kamu? Kamu cocok jadi pengusaha!

1. Cepat Bosan dengan Rutinitas yang Sama
Orang yang memiliki jiwa wirausaha biasanya lekas bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya. Belum lagi dengan peraturannya yang mengikat, mulai dari jam berangkat, pulang kantor, sampai cara berpakaian. Kadang kamu merasa waktu terasa begitu cepat berlalu, dan kamu merasa tidak banyak hal berarti telah dilakukan. Bila hal itu sudah kamu rasakan, tandanya kamu lebih cocok menjadi seorang pengusaha, di bidang apapun tentunya yang memang kamu minati.

2. Seringkali Menjadi Pemimpin Tim
Seorang entrepreneur pada dasarnya memiliki idealisme yang tinggi dan karakter yang kuat. Tentu mereka kurang nyaman untuk menjalani peran sebagai bawahan yang harus diatur-atur oleh atasan. Orang-orang seperti itu biasanya sering diandalkan menjadi pemimpin tim atau penanggung jawab dalam menangani suatu proyek. Orang yang berjiwa pengusaha lebih senang memimpin daripada ia yang harus dipimpin orang lain.

3. Selalu melahirkan ide dan berperan sebagai pemberi solusi

Dalam setiap kesempatan yang dimiliki, seseorang tidak akan pernah absen untuk selalu memberikan ide brilian untuk mengatasi berbagai persoalan. Baik itu perihal branding perusahaan maupun ide tentang pembaharuan produk. Dengan mudah dan waktu yang tidak begitu lama orang tersebut akan mampu memberikan solusi.

4. Tak pernah takut mengambil risiko
Kamu termasuk orang yang tidak suka berada di zona nyaman? Apakah berani mencoba hal baru meski menghadapi risiko kegagalan? Hal demikian merupakan sebuah tanda bila kamu telah bersiap menjadi pengusaha. Bisnis merugi, merasa tertipu, bahkan risiko kebangkrutan dalam menjalankan usaha, sudah menjadi hal terburuk yang akan kamu persiapkan dan tidak pernah kamu takuti.

Kamu merasa kurang nyaman berada di zona nyaman? Berani mencoba sesuatu yang baru meskipun resikonya sebuah kegagalan? Ini adalah salah satu tanda kalau kamu siap jadi pengusaha. Mengalami kerugian, ditipu orang, bahkan jika harus bangkrut dalam menjalankan usaha, sudah menjadi resiko yang tak pernah kamu takuti.

5. Handal dalam menguangkan segala hal
Tanda lain yang menunjukkan kamu lebih cocok menjadi seorang pengusaha yaitu keahlianmu dalam melihat sebuah peluang. Karena bakatmu ini, tak jarang teman-temanmu memanggil dengan sebutan “otak bisnis”. Sebagai contoh saat masa remaja di sekolah cukup banyak anak yang meminta saku kepada orangtuanya, kamu sudah mencari penghasilan dengan berjualan makanan ringan, jasa ketik, dll. Skill dan kemampuanmu dalam mempengaruhi orang-orang di sekitar, menjadi pertanda sesungguhnya kamu siap menjadi seorang pengusaha.

6. Senang memperluas koneksi
Hobi berkumpul dalam komunitas untuk memperluas koneksi? Senang berkenalan dengan orang baru? Hal tersebut merupakan salah satu kunci untuk mengantarkanmu menjadi seorang pengusaha, yang mana jejaring luas cukup mampu untuk menjembatani keinginanmu untuk terjun ke dunia usaha. Tidak menutup kemungkinan dari jaringan pertemanan yang kamu miliki, ke depannya kamu bisa mendapat supplier, pengrajin, bahan baku, sampai ahli pemasaran yang kamu ajak untuk bekerjasama.

Selain 6 kebiasaan yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi tanda-tanda yang menegaskan kamu lebih cocok menjadi seorang pengusaha. Oleh karenanya, pahami bakatmu sejak dini dan mulailah action sekarang juga, sebelum kamu terlalu banyak membuang waktu di kantor yang sebenarnya bukan passion kamu. Semoga sukses!




Sumber: ukmbisnis.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tanda ini ada di kamu? Kamu cocok jadi pengusaha!"

Posting Komentar