SELANGKAH LEBIH MAJU BERBISNIS E-COMMERCE




Jakarta, Sabtu 13 Februari 2016. DOKU, penyedia pembayaran elektronik terdepan di Indonesia bersama dengan Microsoft, Perusahaan pemimpin di dunia piranti lunak yang memiliki beragam produk untuk UKM dan Startupbisnis, sebuah portal media online mengadakan program edukasi bersama. Yang berawal  dari aspirasi bersama – sama untuk memajukan komunitas para pebisnis online serta UKM yang ada di tanah air.
Pembekalan pun diberikan, serta sharing antar pebisnis dan pebisnis lainnya. Di kesempatan ini, DOKU mengundang beberapa pembicara yang memang telah berpengalaman di bidang bisnis khususnya bisnis e-commerce.
Danny Baskara yang merupakan founder evoucher.co.id, situs Flash Sale E-commerce dengan konsep Daily Deals yang dengan Promo Diskon Terbaru setiap harinya. Memberikan beberapa pembekalan mengenai Dropshipping dan pengelola stock dan lainnya, diantaranya;

E-commerce target; price sale, memberikan berbagai macam discount dengan tujuan agar mendapatkan minat dari para consumer. Consignment, meyainkan agar konsumen percaya bahwa kita mampu menyimpan barang dengan aman. Discount, dan launching on product, memberikan sampling product.

Merchandising, yang merupakan sebuah kegiatan dalam rangka penjualan product kepada costumer.

a.       Merchandising element
·        Source of product; Bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk dengan harga yang murah dari supplier salah satunya dengan cara negosiasi.
·    Product  list and description; setelah mendapatkan product barulah membuat beberapa description yang akan di tuangkan kedalam website. Dengan tidak lupa untuk memakai aturan dalam penulisan seperti harga, gambar, dan tulisan yang disampaikan dapat menarik minat para konsumen.
·         Inventory management; pangsa penjualan, pilih media sosial yang sesuai dengan produk yang akan kamu promosikan.
·      Fraud and loss; perhatikan barang yang telah di pesan, karena di sebagian kasus banyak beberapa konsumen yang complain terhadap barang yang mereka terima. Jika itu terjadi maka berikanlah discount atau voucher, karena biasanya konsumen yang complain akan menjadi costumer setia dengan syarat buat mereka suka dengan pelayanan yang diberikan.
·     Costumer management; ini sangat penting, yang harus kamu ingat costumer adalah raja. Makan berikan sedikit perhatian terhadap costumer, misalnya ada promo bagi costumer yang ulang tahun pada hari ini. 

b.      source
·         Drop Shiping
Kelebihan; tanpa modal dalam proses inventory, resiko kecil
Kekurangan; Margin kecil
·         Pre Order
Kelebihan; time sale, cash flow, launching product.
Kekeurangan; pengiriman lama ( track order )
·         Consigment
Kelebihan; pengiriman lebih cepat
Kekurangan; membutuhkan proses negosiasi yang terlalu lama
·         E-Marketplace
Kelebihan; variasi produk bisa bertambah banyak
Kekurangan; dalam pembuatan system sangat rumit, dibutuhkan modal super besar.
·         Sales Manufacturing
Kelebihan; Higher Margin, full control terhadap produk
Kekurangan; experience 

Product list and description
·         Product listing
·         Copywriting
·         Group  and category product
·         Image and photo product

Costumer management
·         Complain and handling
·         After sale
·         Product recommendation
·         Personalization

Andhika Satya, CEO gcloud.co.id, sistem inventori cloud untuk UKM. Memberikann pembekalan tentang pentingnya mengelola biaya dan suatu barang dengan System inventori, bagaiman cara memanfaatkan teknologi dengan system inventori untuk memajukan suatu bisnis. Keuntungan merupakan hasil dari penjualan dan biaya, artinya kita membutuhkan biaya yang sangat tinggi juga menggunakan biaya untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan. 

·         Peran Pengelola Stock
-          Memastikan keseimbangan barang yang masuk dan barang yang keluar
-          Memastikan pengiriman barang secara tepat waktu
-          Meningkatkan ketersediaan barang dan deteksi kadaluarsa
-          Data historis
-          Menurunkan biaya
-          Dan bisnis tumbuh dengan tersystem

·         Deman prediction
-          Data historis
-          Pertumbuhan market
-          Strategi marketing
-          Pendekatan ilmiah

Dan yang terakhir Ridho Irawan, ecommerce professional. Yang memberikan pembekalan tentang cara me supply suatu barang. Supplier.id website yang menyediakan berbagai macam barang. di dalam presentasinya Ridho menjelasakan bahwa barang yang ia supply; 90% import, 10% local. Dengan 3 hal penting, yaitu item, barang dengan macam yang berbeda serta mengutamakan barang yang sering laku di pasaran. quality, kualitas barang pun perlu di perhatikan karena dengan itu bisa membuat para konsumen suka dengan apa yang kita jual. Dan lokasi, ini adalah hal penting karena dengan tempat lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dapat meningkatkan pangsa pasar dan bisnis kamu bisa berjalan dengan aman. 

Dengan harapan operasional dan pertumbuhan bisnis menjadi lebih efektif dan maksimal.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "SELANGKAH LEBIH MAJU BERBISNIS E-COMMERCE"

Posting Komentar