Jakarta, Sabtu 13 Februari 2016.
DOKU, penyedia pembayaran elektronik terdepan di Indonesia bersama dengan Microsoft,
Perusahaan pemimpin di dunia piranti lunak yang memiliki beragam produk untuk
UKM dan Startupbisnis, sebuah portal media online mengadakan program edukasi
bersama. Yang berawal dari aspirasi
bersama – sama untuk memajukan komunitas para pebisnis online serta UKM yang
ada di tanah air.
Pembekalan pun
diberikan, serta sharing antar pebisnis dan pebisnis lainnya. Di kesempatan
ini, DOKU mengundang beberapa pembicara yang memang telah berpengalaman di
bidang bisnis khususnya bisnis e-commerce.
Danny Baskara yang merupakan
founder evoucher.co.id, situs Flash Sale E-commerce dengan konsep
Daily Deals yang dengan Promo Diskon Terbaru setiap harinya. Memberikan beberapa
pembekalan mengenai Dropshipping dan pengelola stock dan lainnya, diantaranya;
E-commerce target; price sale,
memberikan berbagai macam discount dengan tujuan agar mendapatkan minat dari
para consumer. Consignment, meyainkan agar konsumen percaya bahwa kita mampu
menyimpan barang dengan aman. Discount, dan launching on product, memberikan
sampling product.
Merchandising, yang merupakan
sebuah kegiatan dalam rangka penjualan product kepada costumer.
a. Merchandising
element
· Source of product; Bagaimana cara untuk
mendapatkan sebuah produk dengan harga yang murah dari supplier salah satunya
dengan cara negosiasi.
· Product
list and description; setelah mendapatkan product barulah membuat
beberapa description yang akan di tuangkan kedalam website. Dengan tidak lupa
untuk memakai aturan dalam penulisan seperti harga, gambar, dan tulisan yang
disampaikan dapat menarik minat para konsumen.
·
Inventory management; pangsa penjualan, pilih
media sosial yang sesuai dengan produk yang akan kamu promosikan.
· Fraud and loss; perhatikan barang yang telah di
pesan, karena di sebagian kasus banyak beberapa konsumen yang complain terhadap
barang yang mereka terima. Jika itu terjadi maka berikanlah discount atau
voucher, karena biasanya konsumen yang complain akan menjadi costumer setia
dengan syarat buat mereka suka dengan pelayanan yang diberikan.
· Costumer management; ini sangat penting, yang
harus kamu ingat costumer adalah raja. Makan berikan sedikit perhatian terhadap
costumer, misalnya ada promo bagi costumer yang ulang tahun pada hari ini.
b. source
·
Drop Shiping
Kelebihan; tanpa
modal dalam proses inventory, resiko kecil
Kekurangan;
Margin kecil
·
Pre Order
Kelebihan;
time sale, cash flow, launching product.
Kekeurangan;
pengiriman lama ( track order )
·
Consigment
Kelebihan; pengiriman
lebih cepat
Kekurangan;
membutuhkan proses negosiasi yang terlalu lama
·
E-Marketplace
Kelebihan;
variasi produk bisa bertambah banyak
Kekurangan;
dalam pembuatan system sangat rumit, dibutuhkan modal super besar.
·
Sales Manufacturing
Kelebihan; Higher
Margin, full control terhadap produk
Kekurangan;
experience
Product list and description
·
Product listing
·
Copywriting
·
Group and
category product
·
Image and photo product
Costumer management
·
Complain and handling
·
After sale
·
Product recommendation
·
Personalization
Andhika Satya, CEO gcloud.co.id,
sistem inventori cloud untuk UKM. Memberikann pembekalan tentang pentingnya
mengelola biaya dan suatu barang dengan System inventori, bagaiman cara
memanfaatkan teknologi dengan system inventori untuk memajukan suatu bisnis.
Keuntungan merupakan hasil dari penjualan dan biaya, artinya kita membutuhkan
biaya yang sangat tinggi juga menggunakan biaya untuk meningkatkan bisnis yang
dijalankan.
·
Peran Pengelola Stock
-
Memastikan keseimbangan barang yang masuk dan barang
yang keluar
-
Memastikan pengiriman barang secara tepat waktu
-
Meningkatkan ketersediaan barang dan deteksi kadaluarsa
-
Data historis
-
Menurunkan biaya
-
Dan bisnis tumbuh dengan tersystem
·
Deman prediction
-
Data historis
-
Pertumbuhan market
-
Strategi marketing
-
Pendekatan ilmiah
Dan yang terakhir Ridho Irawan,
ecommerce professional. Yang memberikan pembekalan tentang cara me supply suatu
barang. Supplier.id website yang menyediakan berbagai macam barang. di dalam
presentasinya Ridho menjelasakan bahwa barang yang ia supply; 90% import, 10%
local. Dengan 3 hal penting, yaitu item, barang dengan macam yang berbeda serta
mengutamakan barang yang sering laku di pasaran. quality, kualitas barang pun
perlu di perhatikan karena dengan itu bisa membuat para konsumen suka dengan
apa yang kita jual. Dan lokasi, ini adalah hal penting karena dengan tempat
lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dapat meningkatkan pangsa pasar dan
bisnis kamu bisa berjalan dengan aman.
Dengan
harapan operasional dan pertumbuhan bisnis menjadi lebih efektif dan maksimal.
0 Response to "SELANGKAH LEBIH MAJU BERBISNIS E-COMMERCE"
Posting Komentar